RSS

Tinjauan Tentang Bayi Baru Lahir (neonatus)



Masa neonatal adalah masa sejak lahir sampai dengan 4 minggu (28 hari) sesudah kelahiran. Neonatus adalah bayi berumur 0 (baru lahir) sampai dengan usia 1 bulan sesudah lahir. (Muslihatun,2010;4).
Pada waktu kelahiran, tubuh bayi baru lahir mengalami sejumlah adaptasi psikologik, bayi memerlukan pemantauan ketat untuk menentukan masa transisi kehidupannya kekehidupan luar uterus berlangsung baik. Bayi baru lahir juga membutuhkan asuhan yang dapat meningkatkan kesempatan untuknya menjalani masa transisi dengan baik. (Muslihatun,2010;3).
 Pemeriksaan awal pada bayi baru lahir harus dilakukan sesegera mungkin sesudah persalinan untuk mendeteksi kelaianan-kelainan dan menegakkan dasar untuk pemerisaan selanjutnya. Untuk persalilan beresiko tinggi. Pemeriksaan ini harus dilakukan di kamar bersalin dan difokuskan pada anomali konginital dan masalah-masalah patofisiologi yang dapat mengganggu  adaptasi kardiopulmonal dan metabolic normal pada kehidupan ekstrauteri.
Untuk memeriksa bayi baru lahir diperlukan kesabaran,kelembutan dan prosedur yang fleksibel, jadi bila bayi sangat tenang dan rileks pada permulaan pemeriksaan, yang mula-mula harus dilakukan adalah palpasi perut atau auskultasi jantung, sebelum manipulasi lain mengganggu dilakukan. (kliegman, 2010;536).
Tanda-tanda bahaya yang harus diwaspadai pada bayi baru lahir
1)   Pernapasan
sulit atau lebih dari 60 kali per menit
2)   Kehangatan
 terlalu panas (>38°c atau lebih dingin <36°c)
3)   Warna
 kuning (terutama pada 24 jam pertama), biru atau pucat,memar
4)   Pemberian makan
 hisapan lemah,mengantuk kelebihan, banyak muntah
5)   Tali pusat
 merah, bengkak, keluar cairan, bau busuk, berdarah.
6)   Infeksi
 suhu meningkat, merah, bengkak keluar cairan (nanah). Bau busuk, pernapasan sulit
7)   Tinja/ kemih
tidak berkemih dalam 24 jam, tinja lembek, sering, hijau tua, ada lender atau darah pada tinja.
8)   Aktivitas
 menggigil, tangis tidak biasa sangat mudah tersinggung, lemas, telalu mengantuk, lunglai, kejang halus, tidak bias tenang, menangis terus menerus.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2012 CATATAN WIDYA. All rights reserved.
By Van Gun Dez Dipanegara Makassar | watch free movies online by Blogger Templates